Bolehkah Penderita Asam Lambung Minum Kunyit


Meskipun baru sedikit bukti bahwa kunyit dapat membantu asam lambung, sah-sah saja jika Anda mau mencoba kunyit untuk asam lambung. Kebanyakan orang dapat menerima kunyit dengan baik dalam bentuk makanan dan suplemen.

Tubuh tidak dapat menyerap kandungan kunyit (kurkumin) dengan baik karena dimetabolisme di hati dan usus secara cepat. Oleh karena itu diperlukan piperine untuk meningkatkan penyerapan kurkumin di tubuh. Piperine dapat ditemukan di lada hitam. Jika Anda memilih untuk mengonsumsi suplemen kunyit maka sebaiknya lihat apakah terdapat ekstrak lada hitam dalam suplemen tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu diingat jika Anda berencana menggunakan kunyit untuk asam lambung:
  • Untuk hasil terbaik, gunakan kunyit bersama lada hitam atau pilih suplemen yang mengandung piperin.
  • Kunyit bisa bertindak sebagai pengencer darah. Anda tidak boleh mengonsumsi kunyit bersama obat antikoagulan atau obat pengencer darah.
  • Anda mungkin akan mengalami efek samping jika Anda mengonsumsi kunyit sebanyak 1.500 miligram atau lebih per hari.
  • Mungkin diperlukan beberapa minggu untuk melihat apakah kunyit membantu gejala Anda. Jika gejala Anda tidak membaik atau justru memburuk, Anda harus menghentikan penggunaan dan berkonsultasi dengan dokter Anda.
  • Perlu diingat keberhasilan pengobatan GERD tidak hanya tergantung pada obat yang dikonsumsi, tapi juga pola hidup yang perlu diubah. Misalnya membiasakan makan sedikit tapi sering, tidak tidur telentang setelah makan, berhenti merokok, dan tidak menggunakan baju yang ketat untuk menghindari penekanan daerah perut.

Belum ada Komentar untuk "Bolehkah Penderita Asam Lambung Minum Kunyit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel